Senin, 24 Januari 2011

Yamaha New Jupiter-Z 115 cc

Kampas Kopling Selip Saat Bore Up

Yamaha New Jupiter-Z 115 cc banyak mengalami perkembangan di sektor mesin. Diantaranya perkembangan konstruksi kopling house yang sekarang menggunakan sistem diafragma macam mobil. Baru-baru ini terdengar penyimpangan pada sektor kopling housenya.
"Plat kampas koplingnya mudah terbakar. Tapi hal ini terjadi pada New Jupiter-Z yang diboreup hingga 137 cc lewat pemakaian piston kompetisi diameter 55mm," buka Antok mekaniknya Aneka Jaya Motor di Rungkul Kidul Industri 10, Surabaya. Transfer power mesin jadi kurang mulus diteruskan oleh perangkat kopling house dan gigi transmisi. Sebaliknya menimbulkan selip kopling.
Bagaimana cara mengatasinya? "Tak ada cara lain yakni memasang dobel pegas diafragma," saran Antok. Tapi pegas diafragma dibubut dahulu di bagian jari-jari tengahnya untuk mengatasi keterbatasan space pada kopling house. Setelah dipotong pasang berdampingan dengan plat diafragma orsinya.
dan ciri khas bekas kampas kopling selip, seringkali menimbulkan permukaan plat kopling dan bidang dudukan kampas kopling menimbulakan nat atau alur. kalau dibiarkan, mudah sekali menyebabkan dekapan plat kopling dan kampas kopling kurang maksimal. "untuk itu poles ulang nat atau alur bekas kampas kopling selip. Agar nantinya dekapan kampas kopling kembali normal dan lebih pakem," yakin antok memastikan.

sumber: OtoTrend 

1 komentar:

adi_kyt mengatakan...

harga untuk per diafragma nya berapa itu? apakah sudah beredar ditoko2?

Poskan Komentar